BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Friday, December 4, 2009

KEBUDAYAAN MILIK INDONESIA

Indonesia mempunyai banyak warisan nenek moyang berupa budaya-budaya yang lahir di Indonesia. Kebudayaan milik Indonesia berbagai ragam bentuk dan warnanya, tapi pada dasarnya budaya yang ada di Indonesia kebanyakan terpengaruh oleh kebudayaan besar dari Negara-negara pedagang yang tempo dulu mendominasi nusantara. Contohnya kebudayaan Tionghoa, kebudayaan China, kebudayaan Arab, dan kebudayaan India.

dan saat ini sudah banyak hasil budaya bangsa Indonesia yang di klaim oleh Malaysia (Malingsia). Banyak yang berpendapat hal ini terjadi karena bangsa kita sendiri jarang menghargai atau bangga dengan budayanya. Hal ini terbukti dengan tidak adanya hak paten atas budaya-budaya milik bangsa kita, sehingga bangsa lain mendapat kemudahan untuk mengklaimnya. budaya- budaya indonesia yang telah diklaim adalah batik, wayang, tari pendet, dan reog.

batik1

Namun kini bangsa Indonesia bisa sedikit bernafas dengan batik ini, karena United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO) telah mengakui bahwa batik adalah hasil budaya milik bangsa Indonesia. Pengakuan resmi dari UNESCO itu sendiri telah dilakukan pada tanggal 28 September 2009 dan penghargaan resminya pada tanggal 2 Oktober 2009 (hari ini) di Abu Dhabi.

img_reog2

Jenis jenis wayang kulit berdasarkan Daerah yang dimiliki oleh indonesia :

* Wayang Kulit Gagrag Yogyakarta
* Wayang Kulit Gagrag Surakarta
* Wayang Kulit Gagrag Banyumasan
* Wayang Bali
* Wayang kulit Banjar Kal-sel
* Wayang Palembang (Sumatera Selatan)
* Wayang Betawi (Jakarta)
* Wayang Cirebon (Jawa Barat)
* Wayang Madura (sudah punah)
* Wayang Siam

wayang-kulit1

Oleh karena itu kita sebagai warga negara dan khususnya untuk para generasi penerus bangsa, haruslah mulai sadar akan kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa indonesia. Sehingga kita dapat lebih menghargai kebudayaan yang ada dan dapat melestarikan kepada generasi yang akan datang.

” Karena kalau bukan kita yang menjaga dan melestarikannya, maka siapa lagi yang akan merasa bangga akan badaya- budaya milik tanah air Indonesia raya ini???”

0 comments: